Inilah 5 Tanda Awal Kehamilan yang Jarang Disadari


Tanda awal kehamilan bagi pasangan suami istri adalah hal yang paling membahagiakan. Terlebih bagi mereka yang baru menikah tentu akan menjadi sebuah kado yang sangat berharga. Apabila seorang wanita menunjukan tanda atau gejala kehamilan, maka bagi pasangan yang sudah berumah tangga akan menjadi suatu kebahagiaan yang tidak terkira karena sebentar lagi akan menjadi keluarga yang sempurna karena lahirnya buah hati.



Namun demikian, bagi pasangan yang baru menikah mereka mungkin kurang begitu mengerti dan paham tentang tanda awal kehamilan. Tidak banyak yang dapat membedakan mana gejala atau ciri awal kehamilan atau justru itu adalah tanda menstruasi akan datang. Maka dari itu, berikut ini adalah tanda atau gejala kehamilan yang perlu Anda ketahui: 

  • Adanya perubahan pada payudara
Perubahan yang terjadi pada payudara wanita saat awal kehamilan juga dialami oleh wanita yang akan mendapatkan menstruasi. Apabila sedang hamil maka payudara akan terasa lebih kencang dan membesar sekaligus rasa sakit yang berlangsung cukup lama jika dibandingkan dengan sakit payudara saat akan menstruasi.

  • Adanya flek darah segar disertai dengan kram perut
Adanya bercak darah sebagai ciri awal kehamilan juga dialami oleh mereka yang akan mendapatkan menstruasi. Namun, bercak darah pada orang hamil biasanya muncul seminggu setelah proses pembuahan sel telur oleh sperma, selain itu disertai dengan kram perut secara teratur. Warna darah yang keluar bagi orang hamil adalah merah muda atau merah darah yang menyala. Sedangkan warna darah awal menstruasi cenderung coklat kehitam-hitaman.

  • Morning Sickness
Mual dan muntah atau yang lebih sering dikenal dengan morning sickness merupakan gejala awal kehamilan yang paling mudah di sadari.

  • Keinginan buang air kecil semakin meningkat.

  • Kelelahan serta rasa ngantuk yang berlebih.

Tanda-tanda yang muncul setiap wanita saat awal kehamilan memang tidak sama. Ada banyak perempuan yang mengalami gejala seperti di atas, namun juga tidak sedikit wanita yang tidak merasakan gejala apapun padahal mereka sedang hamil. Hal ini dikarenakan sudah cukup wanita kasus yang mirip antara gejala awal kehamilan dan tanda akan datangnya masa menstruasi.

Kebanyakan wanita Indonesia merasa bahwa apabila telat mendapatkan menstruasi bisa jadi disebabkan karena hamil. Padahal belum tentu telat menstruasi adalah ciri awal kehamilan. Telat menstruasi juga disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti stres, kondisi hormon yang tidak seimbang, pola makan yang tidak dijaga, berat badan kurang, serta kurang tidur dan kelelahan.

Tidak sadarnya seorang wanita yang sedang hamil karena gejala yang mirip dengan tanda awal menstruasi menjadi salah satu penyebab banyaknya kasus keguguran. Mereka masih tetap melakukan kegiatan atau aktivitas berat sehingga keguguran tidak dapat dihindarkan. Selain itu, ada beberapa kasus yang terjadi seperti setelah melakukan tes kehamilan ternyata hasilnya negatif padahal tanda kehamilan sudah dirasakan namun tidak periksa lebih lanjut ke dokter kandungan, sehingga banyak orang yang tidak percaya diri apabila harus melakukan tes kehamilan dua kali atau lebih.

Di atas adalah beberapa tanda awal kehamilan yang perlu Anda perhatikan. Maka dari itu, untuk lebih pastinya, apabila Anda sudah mendapatkan gejala yang mirip dengan kondisi awal kehamilan dan sudah melakukan tes secara pribadi di rumah serta sudah melihat hasilnya ternyata positif, akan lebih baik jika Anda segera pergi ke dokter kandungan untuk mendapatkan kejelasan sekaligus pemeriksaan yang lebih lanjut demi kesehatan ibu dan calon buah hati.


Previous
Next Post »