Menu Sayur dan Buah untuk Mendukung 1000 Hari Pertama Kehidupan


1000 hari pertama kehidupan anak merupakan momen paling penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Orangtua wajib memperhatikan asupan nutrisi sejak si kecil berada dalam kandungan hingga ia berusia 2 tahun. Anda harus mengkonsumsi menu bergizi untuk diri sendiri dan bayi yang dikandung selama 270 hari kehamilan dan 730 hari sejak si kecil terlahir ke dunia.



Setelah konsumsi ASI eksklusif selama enam bulan, Anda bisa mulai memberikan menu MPASI yang bernutrisi tinggi untuk anak. Menu sayuran dan buah bisa mendukung tahun-tahun pertama pertumbuhan si kecil secara maksimal. Berikut rekomendasi sayur dan buah yang baik untuk kesehatan anak sejak 1000 hari pertama kehidupan mereka.

1.                  Pisang
Pada usia 6 bulan setelah diperbolehkan mendapatkan tambahan nutrisi MPASI, Anda bisa memberikan menu buah yang lebih mudah dicerna. Pisang merupakan buah yang paling rekomended untuk bayi. Kandungan kalium bisa membantu fungsi otot dan jantung sang anak. Selain itu, buah pisang juga kaya akan vitamin B6, C, kalsium dan zat besi.

2.                  Alpukat
Buah yang bagus untuk perkembangan sang buah hati adalah alpukat. Buah mengandung lemak baik yang mampu meningkatkan perkembangan otak si kecil. Anda bisa memblender atau melunakkan alpukat matang menggunakan sendok dan memberikannya pada si kecil. Tekstur buah yang cukup halus akan mempermudah konsumsi sang buah hati tercinta.

3.                  Buah jeruk dan berry
Sejak anak mulai mengenal rasa, tidak ada salahnya memberikan berbagai menu buah agar ia bisa belajar banyak hal. Berikan buah jeruk dan aneka berry seperti stroberi, blueberry, blackberry dan lain-lain yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C pada buah ini akan membantu penyerapan zat besi dan makanan lain dalam tubuh.

4.                  Wortel
Sayuran yang cocok untuk buah hati karena memiliki fungsi yang banyak bagi kesehatan. Wortel mengandung beta karoten dan vitamin A yang tinggi sehingga wajib dikonsumsi anak-anak sejak usia 6 bulan pertama sampai dewasa. Para perkembangan periode emas, jangan lewatkan membuat jus jambu kesukaan si kecil. Selain itu, Anda bisa membuat aneka makanan yang terbuat dari wortel untuk anak seperti puding.

Mengkonsumsi wortel secara rutin akan membantu menjaga penglihatan secara maksimal. Bagi orang dewasa sendiri, wortel bisa mencegah penyakit jantung koroner dan kanker lho!

5.                  Brokoli
Sebagian besar anak-anak memang cenderung tidak suka dengan sayur. Tekstur tanpa rasa, asam atau pahit menjadi alasan utama mereka tidak menyukai aneka sayur termasuk brokoli. Ada baiknya Anda mulai mengenalkan brokoli sejak anak-anak mulai mengkonsumsi MPASI sebagai nutrisi tambahan. Brokoli mengandung serat tinggi, asam folat dan kalsium. Anda bisa mencoba memberikan menu brokoli agar si kecil menyukai sayur hingga kelak ia dewasa.

Tentu masih ada banyak jenis sayur dan buah yang baik dikonsumsi oleh anak sejak kecil. Anda bisa memberikan buah pir yang memiliki tekstur rasa manis, tomat yang dimasak, ubi yang mengandung beta karoten, vitamin C dan zat besi. Memberikan nutrisi yang cukup untuk bayi akan membuat ia tumbuh menjadi bayi sempurna.

Namun, ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter sebelum memasuki metode MPASI yang baik. Pilihan menu buah dan sayur wajib disesuaikan dengan usia anak agar terhindar dari risiko kesehatan. Selain itu, bayi bisa saja mengalami reaksi alergi saat mengkonsumsi jenis makanan tertentu. Tidak semua bayi memiliki kondisi fisik atau kesehatan yang sama, bukan? Yuk, berikan menu sehat untuk si kecil selama 1000 hari pertama kehidupan hingga mereka dewasa!

Previous
Next Post »