Luka pada Penderita Diabetes Jangan Dianggap Remeh, Ini Tips Merawatnya

Dibandingkan dengan orang sehat, luka yang diderita oleh penderita diabetes memerlukan waktu yang lebih lama untuk sembuh. 

Dan mengobati luka pada pasien diabetes itu juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena salah-salah luka tersebut justru akan menyebar dan bisa berakhir pada amputasi, sekalipun luka tersebut tidak diiringi oleh rasa sakit.



Untuk menghindari kemungkinan amputasi seperti itu, sudah pasti luka ini harus dirawat dengan benar. Anda bisa menggunakan tips di bawah ini saat melakukannya, antara lain.

Tips Merawat Luka Penderita Diabetes

1.     Jaga Kebersihan Luka
Begitu pertama kali Anda mendapatkan luka, maka Anda perlu membersihkan luka tersebut. Tidak perlu menggunakan sabun, karena sabun hanya akan membuat kulit jadi teriritasi. Cukup bersihkan luka di bawah kucuran air yang mengalir saja.

Apabila Anda yakin bahwa luka telah bersih, silahkan keringkan luka, kemudian aplikasikan salep antibiotik supaya luka terbebas dari kuman lalu perban. Perban ini juga jangan dibiarkan saja, tapi harus diganti secara rutin supaya kebersihan luka tetap terjaga.

2.     Hindarkan Luka dari Tekanan
Selanjutnya, Anda perlu menghindarkan luka dari tekanan. Ini juga harus diperhatikan supaya luka bisa lekas sembuh dan tidak justru bertambah parah. Cara menghindarkan luka dari tekanan ini misalnya dengan tidak memakai pakaian yang ketat. Atau jika luka tersebut ada di telapak kaki, Anda bisa mengurangi aktifitas berjalan.

3.     Perhatikan Tanda-Tanda Infeksi
Penderita diabetes juga harus jeli memperhatikan tanda-tanda infeksi. Diantara tanda-tanda tersebut ialah area sekitar luka terasa hangat, bengkak, kemerahan, sakit bahkan demam. Selain itu, waspada juga jika luka mengeluarkan air, nanah atau bau yang tidak sedap.

4.     Selalu Kontrol Gula Darah
Perlu diketahui bahwa kadar gula darah yang tidak terkontrol malah akan mempersulit luka untuk sembuh. Maka dari itu, setiap penderita diabetes, apalagi yang mempunyai luka, harus mengontrol gula darahnya dengan baik. Diantara caranya ialah menerapkan pola makan sehat, olahraga teratur, obat antidiabetes hingga suntikan insulin bila memang perlu.

Apabila luka tidak membaik dalam waktu 48 jam, sebaiknya segera datangi dokter supaya luka tidak bertambah parah. Terlepas dari masalah luka pada pasien diabetes, sebaiknya Anda juga menyimak pembahasan yang disebutkan dalam https://www.guesehat.com/penuhi-7-zat-gizi-ini-saat-hamil-jika-ingin-anak-cerdas/slideshow/kalsium, apabila ada anggota keluarga yang sedang hamil.

Previous
Next Post »