Bagaimana Cara Memilih Dealer Motor yang Bagus dan Terpercaya?

Pilihan dealer motor adalah hal yang penting untuk diperhatikan ketika memutuskan untuk membeli motor baru. Seperti kita ketahui, banyak dealer-dealer yang menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Memilih dealer sama saja memilih rumah untuk motor karena transaksi bukan hanya terjadi ketika pembelian motor namun juga ketika motor mengalami kerusakan ataupun membutuhkan perawatan di kemudian hari.



Karena banyaknya dealer yang bermunculan, terkadang kita bingung, dealer mana yang mampu untuk memberikan pelayanan yang baik dan tentunya tidak merugikan konsumen. Jika kamu adalah konsumen yang berkeinginan untuk membeli produk keluaran Yamaha, kamu dapat mengunjungi dealer-dealer resminya di kotamu untuk mendapatkan gambaran langsung seperti apa kondisi dealernya.

Sebelum memutuskan memilih dealer motor alangkah baiknya jika kamu memutuskan untuk menentukan jenis motor sehingga pilihan dealernya akan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu masih bingung menentukan dealer mana yang sesuai dengan kebutuhan dan bertanggung jawab atas produk yang dijual, kamu dapat mempertimbangkan beberapa tips berikut ini :

1. Pilihlah Dealer Resmi
Hal ini adalah yang paling penting untuk kamu perhatikan apakah dealer yang kamu pilih terdaftar sebagai dealer resmi. Kamu bisa mengecek dari kelengkapan yang ada di dealer ataupun dengan mengecek secara online. Jangan mudah tergiur oleh iming-iming dealer non resmi apalagi yang menawarkan harga lebih murah dari pasaran namun dengan bonus yang besar.

Bukan hanya berisiko dengan aksi penipuan, bisa saja dokumen motor yang akan kamu beli bermasalah bahkan mungkin saja produk yang dijual tidak original dari pabriknya.

2. Lihatlah Bagaimana Pelayanan yang Diberikan
Dealer yang baik adalah dealer yang memberikan pelayanan maksimal kepada  konsumen. Apakah mereka memberikan kejelasan informasi, terbuka atas pertanyaan, dan memberikan arahan yang tepat sebelum, selama, dan setelah transaksi. Jika terdapat call center, maka dealer yang baik adalah yang responsif atas panggilan ataupun keluhan konsumen

3. Memiliki Goodwill yang Baik
Biasanya jika suatu tempat memberikan pelayanan yang maksimal, maka akan ada banyak orang yang memberikan rekomendasi dan penilaian yang baik pula. Cobalah untuk bertanya kepada teman yang berpengalaman ataupun dengan mengecek respon orang-orang melalui internet. Semakin banyak yang memberikan tanggapan positif kepada dealer motor yang bersangkutan, maka semakin terpercaya dealer tersebut.

4. Dealer yang Bagus adalah yang Memiliki Bengkel Resmi
Kita sudah sepakat bahwasanya peran dealer bukan hanya untuk memberikan barang hasil pembelian namun juga pengurusan surat-surat kendaraan, perawatan, dan perbaikan ketika terjadi kerusakan. Maka dealer yang baik adalah yang sudah memiliki bengkel resmi sehingga memudahkan perawatan dan perbaikan ketika terjadi kerusakan. Jika memiliki bengkel resmi, kamu dapat mempertimbangkan kembali apakah akan tetap memilih dealer tersebut atau berganti ke tempat yang lain.

5. Kelengkapan dan Pemberian Garansi
Ketika membeli motor, seharusnya dealer akan memberikan berbagai kelengkapannya sesuai dengan prosedur. Kamu bisa mengecek apakah dealer memberikan helm, kardus, kunci, jaket, buku panduan, buku service, dokumen resmi motor (STNK, BPKB), kunci-kunci dasar kelengkapan motor, dan tentunya garansi.

Jika ada yang tidak diberikan atau ada yang janggal, maka kamu dapat menanyakannya karena penjualan yang dilakukan tidak sesuai prosedur.

6. Harga Penjualan
Biasanya dealer motor resmi tidak menjual barang dibawah ataupun diatas harga pasaran. Jika ada dealer yang menawarkan harga murah ataupun meminta pembayaran sebelum terjadi kesepakatan kedua belah pihak, kamu perlu untuk berhati-hati.


Demikian tips-tips yang bisa kamu lakukan. Jangan mudah percaya dengan harga yang murah dan alangkah baiknya kamu sering mengecek harga di situs resminya.
Previous
Next Post »