Hindarkan Bayi dari Kuman Penyebab Penyakit di Rumah


Apakah Anda sangat khawatir sang buah hati yang masih kecil akan terserang penyakit? Ternyata benda-benda di sekitar bayi, meskipun terlihat bersih juga berpotensi menularkan kuman penyakit yang berbahaya. Karena itu, Anda sebagai orang tua harus memastikan perlindungan ekstra untuk si kecil, meskipun sedang berada di lingkungan rumah sendiri. Tips berikut ini bisa menjadi panduan bagi Anda.



Cara Menjaga Bayi Tetap Bersih

Melindungi bayi dari kuman akan membuatnya tumbuh dengan sehat, terlebih saat bayi masih berada pada tahap 1000 hari pertama kehidupan. Karena itulah, Anda sebagai orang tua bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk melindungi sang buah hati dari ancaman kuman:

1.     Cuci Tangan

Pastikan semua anggota keluarga yang akan menyentuh atau bermain dengan si kecil selalu mencuci tangan dengan sabun terlebih dulu. Orang dewasa berpotensi menularkan kuman penyakit dari sentuhan tangannya. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum membuatkan susu untuk si kecil.

2.     Bersihkan Perlengkapan Bayi

Semua benda-benda yang dipakai oleh bayi harus dibersihkan secara teratur misalnya seperti pakaian, mainan, bantal, guling, kasur, selimut, mainan, dan juga dot susu bayi. Untuk pakaian, gunakan sabun cuci pakaian bayi dengan formula aktif lebih ringan untuk menghindari iritasi.

3.     Bersihkan Rumah

Mengurus bayi mungkin sudah sangat melelahkan, namun pastikan Anda tetap bisa menyempatkan diri untuk membersihkan rumah, terlebih ruang tidur bayi setiap hari. Pastikan ruangan mendapatkan sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup agar tidak mudah lembab dan menjadi sarang kuman.

4.     Perhatikan Hewan Peliharaan

Jika Anda punya hewan peliharaan di rumah, pastikan untuk selalu rajin memandikannya minimal 1 minggu sekali. Bersihkan pula sisa-sisa bulu yang mungkin menempel di lantai, sofa, atau karpet rumah.

5.     Mandikan Bayi Secara Teratur

Mandikan bayi menggunakan sabun mandi bayi antibakteri agar berbagai kuman yang menempel di kulit bisa hilang. Tak lupa juga setelah bayi buang air besar, segera ganti popok dan bersihkan area kemaluannya hingga benar-benar bersih agar tak ada lagi kuman yang tertinggal.

Previous
Next Post »