Ini Yang Harus Diperhatikan Dalam Memberi MPASI Untuk Bayi


MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping Asi yang biasanya diberikan kepada sang buah hati pada umur bayi 6 bulan. Pemberian MPASI ini sangat penting bagi sang bayi karena apabila pemberian MPASI ini terlambat maupun terlalu cepat ini bisa memunculkan problem pada tumbuh kembang sang bayi, pemberian MPASI kepada sang bayi harus tepat dengan jadwal yang sudah ditentukan karena MPASI ini merupakan makanan pendamping yang ekslusif.



Manfaat MPASI untuk buah hati

Pemberian MPASI sangatlah penting bagi anak hal ini bermanfaat untuk  meningkatkan otot otot mulut pada sang bayi selain itu juga membantu kemampuan motoriknya dan juga supaya mendukung tumbuh kembang sang bayi sebelum memberi MPASI kepada sang bayi alangkah baiknya sang Ibu memberikan ASI full pada rentang waktu 6 bulan sebelum memberi MPASI.

Ini Tanda Anak sudah bisa dikasih MPASI

MPASI merupakan sesuatu yang penting untuk sang bayi, hal ini sangat berpengaruh kepada kesehatan sang bayi di masa depan. Jika sang bayi sudah bisa mulai menelan dan mencerna MPASI dengan baik maka pemberian MPASI ini sudah bisa dikatakan berhasil, selain itu berikut merupakan tanda tanda bayi siap untuk diberi MPASI yaitu sang bayi bisa mulai berdiri dengan dibantu, kemudian bayi dapat memasukan sesuatu kedalam mulut dan juga bayi mampu untuk menegakan leher serta kepala agar tidak jatuh.

Apabila pemberian MPASI terlalu cepat ini menyebabkan bayi menjadi tersedak, juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan karena belum siapnya system pencernaan pada bayi dan juga dapat menimbulkan obesitas, gatal gatal dan juga alergi. sebaliknya apabila pemberian MPASI yang lambat bisa menyebabkan bayi mengalami gangguan tumbuh kembang karena kalau dari ASI tidak bisa mencukupi keperluan sang bayi selain itu bayi juga cenderung menolak MPASI karena tidak dibiasakan dengan MPASI.

Cara Pemberian MPASI yang benar

Untuk MPASI biasanya terbuat dari buah buahan yang sudah dilumat halus , para ibu bisa menggunakan buah kentang, papaya, pisang atau bisa juga bubur yang disaring halus selain itu para Ibu juga bisa menambahkan telor maupun daging yang juga dihaluskan agar si kecil mudah untuk mencernanya.

Itulah beberapa yang harus diperhatikan sebelum memberi MPASI kepada sang buah hati, semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat bagi ibu sekalian.

Previous
Next Post »