Peluang Sukses Membuka Usaha Katering Nasi Kuning dan Uduk


Nasi kuning dan uduk merupakan 2 makanan pokok yang banyak digemari masyarakat Indonesia, khususnya saat sarapan. Tidak heran jika hampir semua warung nasi kuning dan uduk selalu ramai pembeli. Dana pinjaman yang dibutuhkan untuk membuka usaha katering ini tidak terlalu besar dan berpeluang sukses, terutama untuk momen-momen berikut.


Kelahiran Bayi
Saat ada bayi yang lahir, biasanya kelurga besar akan mengadakan aqiqah. Menu makanan yang dibuat di antaranya yaitu bubur merah, bubur putih, nasi kuning, dan uduk. Nah, mengingat banyaknya jumlah bayi yang lahir setiap harinya, bisnis katering bermodal dana pinjaman dengan menu nasi kuning dan uduk menawarkan prospek yang cukup cerah.

Meski tidak semua bayi langsung aqiqah, Anda bisa menawarkan harga miring agar orang-orang tertarik untuk sekadar mengadakan syukuran dengan nasi kuning. Dengan modal Rp3.000, Anda bisa menjual nasi kuning dalam kertas nasi dengan harga Rp5.000. Sedangkan dalam kotak nasi, Anda bisa menaikkan harganya menjadi Rp7.000.

Syukuran Khitanan
Momen lainnya yang sering menggunakan nasi kuning dan uduk adalah saat khitanan. Biasanya, kedua jenis nasi ini diperuntukkan bagi anak-anak yang di-khitan dan keluarganya. Begitupula dengan khitan-an massal yang semua biayanya ditanggung oleh pemerintah daerah maupun donator.

Syukuran Perusahaan
Melihat banyaknya makanan modern yang bisa dibeli dengan mudah melalui delivery order, ternyata kedua nasi ini tetap menjadi favorit dalam perayaan perusahaan. Baik itu perayaan kesuksesan karena memenangkan tender tertentu dengan keuntungan fantastis, peringatan ulang tahun perusahaan, atau lainnya, kedua nasi ini hampir selalu hadir sebagai pelengkap.

Mendirikan Perusahaan
Selain syukuran atas kesuksesan dan ulang tahun, perusahaan yang baru berdiri juga kerap menyediakan kedua makanan berat ini sebagai menu utama. Tentunya setelah didahului dengan acara gunting pita atau semacamnya yang berhubungan dengan peresmian dan pembukaan perusahaan tersebut.

Meski jumlah pesanannya 1-3, tapi dalam bentuk nasi tumpeng yang bujetnya hampir setara dengan ratusan nasi boks. Jelas ini peluang yang cukup menggiurkan bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan banyak perusahaan berdiri di sini.

Lomba-Lomba
Banyak sekali lomba yang diadakan saat Agustusan. Jika para lelaki sibuk mengikuti lomba panjat pinang, anak-anak dengan lomba balap karung, makan kerupuk, membawa kelereng di sendok yang dijepit dalm mulut, maka beda lagi dengan kaum perempuannya. Lomba membuat nasi kuning dan uduk terbaik menjadi salah satu yang tidak boleh dilewatkan.

Nah, biasanya ada nasi kuning pertama yang dijadikan sebagai maskot dan ditujukan untuk orang-orang penting di pemerintahan, baik skala desa, kecamatan, kabupaten, dan seterusnya. Anda bisa meng-handle pembuatan nasi kuning maskot tersebut yang biasanya berukuran sangat besar dengan lauk yang beraneka ragam. Bujetnya bisa sampai 100 pesanan boks nasi.

Peringatan Kematian
Selain kelahiran seperti yang diulas pada poin nomor 1, kematian juga sering diperingati dengan pembagian nasi kuning dalam boks plastik. Anda bisa menerima pesanan sangat banyak untuk peringatan terakhir. Biasanya peringatan kematian ini berlangsung pada hari ke-7, 40, dan 100 hari.
Nah, peluang mendapat orderan nasi kuning dan uduk biasanya pada peringatan 100 hari. Kedua jenis nasi ini selanjutnya diberikan pada para penggali kubur, orang-orang yang tahlil-an di masjid maupun di rumah keluarga yang meninggal, hingga masyarakat sekitar. Saat mengantarkan pesanan, jangan lupa untuk memberi dukungan moril dan materil seperti potongan harga untuk meringankan beban keluarg yang ditinggalkan.

Semua bahan untuk membuat nasi kuning dan uduk serta peralatan yang dibutuhkan bisa diperoleh dengan mudah menggunakan dana pinjaman sebagai modalnya. Amar Bank memahami kesulitan Anda sehingga menawarkan pinjaman berupa plafon dan tenor yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan Anda.

Previous
Next Post »