Apa itu kamera DSLR?

Mungkin kamu sudah banyak yang mengenal apa itu kamera DSLR. Sekarang ini, bahkan toko-toko elektronik pun banyak yang jual kamera DSLR . Jadi tidak hanya toko khusus kamera saja yang menjual kamera digital single lens reflect ini, namun beberapa toko elektronik juga sudah mulai banyak yang menjualnya. Popularitas dan permintaan pasar yang tinggi memang menjadi alasan utama kenapa toko elektronik yang jual perabotan rumah sehari-hari pun berani menjual kamera DSLR. Lalu sebenarnya apa sih kamera DSLR itu?

Kamera DSLR itu kepanjangan dari digital single lens reflect dimana kamera ini dinamai seperti itu karena sistem kerjanya yang memanfaatkan pantulan cermin yang menangkap objek sebelum akhirnya bisa ditampilkan pada optical view.  Cermin utama yang dipakai adalah pentaprism atau cermin berbentuk segilima. Cermin inilah awal dari kinerja utama kamera DSLR atau digital single lens reflect dimana pentaprism atau cermin segi lima ini bertugas memantulkan objek yang akan ditangkap agar bbisa dilihat di view finder. Sebenarnya sistem ini juga digunakan pada kamera generasi sebelumnya yaitu single lens reflect kamera atau kamera analog SLR. Inilah cikal bakal kamera DSLR sekarang yang banyak tersebar di toko yang jual kamera DSLR .



Yang jadi pembeda antara kamera analog single lens reflect, media penyimpanan masih menggunakan pita film. Tentunya masih ada beberapa proses yang cukup rumit sampai akhirnya kamu bisa menikmati objek yang kamu tangkap menjadi bentuk seni fotografi. Berbeda dengan kamera Analog SLR tersebut, tehnologi digital cukup memberikan dampak yang signifikan dan memudahkan kinerja SLR menjadi Digital SLR atau digital single lens reflect camera. Pada kamera DSLR, kamu bisa lebih mudah untuk melihat preview dari obejk yang sudah kamu tangkap di layar monitor berupa LCD yang ada pada kamera DSLR. Tentunya hal ini tidak ada di kamera analog SLR. Pada kamera analog SLR, kamu tidak bisa leluasa untuk melakukan preview. Bahkan, kamu tidak bisa melakukan preview. Preview hanya bisa dilakukan ketika kamu melihat hasil jadi foto kamu setelah mengalami proses cuci film. Sedangkann pada kamera DSLR, kamu bisa langsung melihat hasil gambar atau foto setelah kamu menangkap objek. Sepertinya inilah yang menjadi alasan utama masyarakat modern seperti sekarang lebih memilih kamera DSLR sebagai tools penunjang hobi fotografinya. Toko kamera pun juga lebih memilih jual kamera DSLR daripada kamera SLR yang sepertinya dianggap ketinggalan jaman.

Mau tidak mau, kita juga harus mengakui adanya perkembangan tehnologi benar-benar mengubah caara kerja dan sistem alat menjadi lebih efektif dan efisien. Pilihan masyarakat untuk membeli kamera DSLR di toko yang jual kamera DSLR bukan tanpa alasan. Kemudahan yang diberikan dan ditawarkan ini menjadi pilihan realistis pada msayarakat pecinta fotografi.
Previous
Next Post »