Cara Menyisir yang Bisa Membuat Rambut Kita Rusak

Perawatan rambut tidak hanya dilakukan dengan keramas, pakai kondisioner atau creambath. Cara kita menyisir rambut pun bisa jadi faktor penting dalam perawatan rambut.

Saat menyisir rambut, mungkin kita sekadar melakukannya tanpa memikirkan apakah caranya sudah tepat atau belum. Salah-salah, sisir yang seharusnya membuat penampilan lebih rapi justru bisa merusak rambut. Ini kesalahan paling umum saat menyisir yang bisa merusak rambut.



1. Menyisir dari Akar Ke Ujung Rambut
Menyisir rambut dari akar hingga ke ujung rambut akan menyebabkan rambut mengalami stres. Karena jika terdapat bagian yang kusut maka akan berisiko membuat rambut patah bahkan rontok. Mulailah menyisir rambut dari bawah, beberapa centi dari akar rambut lalu perlahan-lahan naik hingga menuju akar rambut.

2. Menyisir Saat Rambut Basah
Rambut yang masih basah lebih rentan mengalami kerontokan. Menurut pakar kesehatan rambut Tonya McKay, rambut yang kering saat disisir mengalami penarikan sebesar 20% hingga 30%, sedangkan rambut yang masih basah saat disisir akan mengalami peningkatan penarikan menjadi 50% sehingga rambut yang basah akan lebih mudah rapuh dan rontok.

3. Pakai Sisir Sikat untuk Rambut Kusut
Bagaimanapun keadaan rambut baik itu basah ataupun kering, jangan pernah menggunakan sisir sikat untuk menyisir rambut yang kusut. Sisir sikat bukan dirancang untuk meluruskan rambut yang kusut. Sisir sikat biasanya digunakan untuk blow rambut dengan menggunakan hairdryer.

4. Pakai Sisir Berkualitas Rendah
Mungkin sebagian akan berpendapat bahwa sisir dengan harga berapapun hasilnya sama saja. Faktanya, sisir dengan harga yang murah tidak memiliki kualitas bahan yang bagus. Sisir dengan kualitas bahan plastik yang rendah dapat merusak rambut dan membuatnya semakin parah. Pilihlah sisir terbaik sesuai model dan tipe rambut yang dimiliki.

5. Jarang Membersihkan Sisir
Bersihkanlah sisir yang biasa digunakan minimal seminggu sekali. Karena yang tidak pernah dibersihkan akan menyimpan kotoran, seperti bekas hairspray yang menempel, minyak kepala, debu dan kotoran lain. Memakai sisir kotor sama saja seperti memindahkan kotoran pada rambut yang bersih.
Previous
Next Post »